Sumedang Siap Selenggarakan Kirab Mahkota Kemaharajaan Sunda

- 20 Maret 2024, 14:19 WIB
Radya Anom Keraton Sumedang Larang Raden Luky Djohari Soemawilaga, sedang menunjukkan Mahkota Binokasih Sanghyang Pake, di Museum Prabu Geusan Ulun.
Radya Anom Keraton Sumedang Larang Raden Luky Djohari Soemawilaga, sedang menunjukkan Mahkota Binokasih Sanghyang Pake, di Museum Prabu Geusan Ulun. /kabar-sumedang.com/Taufik Rohman/

KABAR SUMEDANG - Pada tahun 2024 ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang bersama Keraton Sumedang Larang, akan mengadakan event budaya bertaraf nasional.

Event budaya yang akan digelar di Kabupaten Sumedang ini, di antaranya melaksanakan kirab Mahkota Kemaharajaan Sunda, yakni mengarak Mahkotah Binokasih Sanghyang Pake dari mulai Kabupaten Ciamis, kemudian ke Bogor, dan kembali ke Kabupaten Sumedang. 

Event budaya ini, rencananya akan satukan dengan agenda rutin kirab panji yang biasa dilaksanakan Keraton Sumedang Larang setiap tahun.

Baca Juga: Sosok Raja Paling Tampan di Kerajaan Sumedang Larang, Miliki Tiga Istri dan Punya Nasab dari Ulama Besar

Kirab panji dan Mahkota Binokasih tahun ini, tentu bukan hanya diikuti oleh Sumedang dan Ciamis serta Bogor saja, akan tetapi bakal diikuti juga oleh sejumlah daerah di wilayah Jawa Barat, termasuk kerajaan-kerajaan lainnya di Indonesia. 

Kirab Panji dan Mahkota Binokasih ini, rencananya akan digelar dalam rangka memperingati hari jadi Sumedang. Sebagaimana disampaikan Penjabat Bupati Sumedang Herman Suryatman, Rabu, 20 Maret 2024.

“Dalam acara kirab panji tahun ini, Mahkota Binokasih yang ada di Museum Prabu Geusan Ulun Sumedang itu, akan dikirab (diarak) dari mulai Ciamis, kemudian ke Bogor dan terakhir bersemi di Sumedang," ujar Pj Bupati Sumedang. 

Baca Juga: Cerita Tentang Desa Kecil di Kaki Gunung Rengganis, Dulunya Pernah Dijadikan Ibu Kota Sumedang

Rencananya kirab Mahkota Binokasih ini, kata Herman, telah dibahas secara langsung bersama Radya Anom Keraton Sumedang Larang Raden Luky Djohari Soemawilaga, dan Mahapatih Raden Lily Djamhur Soemawilaga, serta PT Bespoke dari Australia.

Pj Bupati Sumedang menyebutkan, ada dua hal penting dalam kegiatan kirab Mahkota Binokasih ini. Pertama, untuk menguatkan nilai-nilai budaya, dan kedua untuk mendongkrak kunjungan wisata.

Halaman:

Editor: Taufik Rochman (Kabar Priangan)


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah