Melihat Kembali Sejarah dan Spesifikasi Motor Tua Iconic, Northon Commando

- 19 Maret 2024, 13:43 WIB
illustrasi-Dok.Northon.pinteres.
illustrasi-Dok.Northon.pinteres. /kabar-sumedang/G'jodt/

KABAR SUMEDANG - Norton Commando adalah motor ikonik yang terkenal sejak awal 1960-an hingga awal 1970-an. Ya, seperti biasa, kabar-sumedang.com kali ini akan kembali melihat sejarah dan spesifikasi motor ini. Meskipun sudah tidak diproduksi, motor ini tetap menjadi motor yang digemari oleh banyak orang dari seluruh dunia.

Sejarah Norton Commando tetap menjadi inspirasi bagi produsen motor dan para pengguna motor di seluruh dunia. Motor ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1967 sebagai pengganti seri Dominator. Selama bertahun-tahun, motor ini telah mendapatkan popularitas seiring dengan prestasinya di dunia balap.

Norton Commando dikenal sebagai motor yang sangat mudah dikendarai, dengan suspensi depan dalam rangka twin downtube. Walaupun hanya diproduksi hingga awal 1970-an, Norton Commando tetap menjadi favorit para pecinta motor sampai saat ini.

Baca Juga: Motor Tua DKW Super, Sebuah Kisah Tentang Keindahan dan Kepunahan

Spesifikasi Norton Commando memiliki mesin jenis twin paralel OHV berkapasitas 750cc atau 850cc. Motor ini dilengkapi dengan sistem pendinginan udara, yang memastikan performa motor tetap bagus meskipun digunakan dalam jarak jauh. Daya maksimum dari motor Norton Commando adalah 58 HP pada 6.500 RPM, sangat efektif untuk menempuh jarak jauh.

Norton Commando memiliki fitur-fitur yang membuatnya unik dibandingkan dengan motor-motor classic lainnya. Salah satu fiturnya adalah bentuk tangki bahan bakar motor yang memiliki carvings atau ukir-ukiran yang dikenal dengan sebutan "fastback". Selain itu, motor ini juga dilengkapi dengan sepasang knalpot twin-pipe yang menjadi ciri khas dari Norton Commando.

Baca Juga: Spesifikasi Royal Enfield Classic 350 Motor Klasik dengan Performa Maksimal

Kesimpulan Meskipun motor Norton Commando tidak diproduksi lagi, motor ini tetap menjadi pilihan untuk para penggemar dan kolektor motor classic. Dengan spesifikasi mesin yang unik dan fitur yang khas, Norton Commando berhasil menjadi motor iconic yang tidak tertandingi. Semoga informasi yang kami berikan mengenai sejarah dan spesifikasi motor Norton Commando dapat memberikan gambaran mengenai daya tarik motor ini dan menambah pengetahuan Anda tentang dunia otomotif.***

Editor: Taufik Rochman (Kabar Priangan)


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah