Sumedang Bakal Miliki Tiga Desa Baru, Begini Penjelasan DPMD

- 24 Mei 2024, 13:36 WIB
Kantor Desa Sarimekar Kecamatan Jatinunggal. Desa ini, merupakan salah satu desa di Sumedang yang sedang diusulkan untuk dimekarkan.
Kantor Desa Sarimekar Kecamatan Jatinunggal. Desa ini, merupakan salah satu desa di Sumedang yang sedang diusulkan untuk dimekarkan. /kabar-sumedang.com/DOK/

KABAR SUMEDANG - Setelah melalui proses persiapan selama hampir satu tahun, usulan pemekaran desa yang diajukan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang, kepada Provinsi Jawa Barat, kini akhirnya bakal segera terealisasi. 

Berdasarkan informasi dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumedang, saat ini tercatat ada tiga desa yang telah diusulkan untuk dimekarkan. Bila usulan pemekaran disetujui, maka jumlah desa di Kabupaten Sumedang nantinya akan bertambah menjadi 273 desa, dari yang sebelumnya hanya 270 desa.

Seperti disampaikan Kepala DPMD Kabupaten Sumedang Asep Aan Dahlan, melalui Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dadang Rustandi, Jumat, 24 Mei 2024.

Baca Juga: Posyandu Dahlia Regol Wetan Siap Wakili Sumedang Selatan Pada Lomba Tingkat Kabupaten

Menurut Dadang Rustandi, ketiga desa yang telah diusulkan untuk dimekarkan ini, masing-masing Desa Cimanggung Kecamatan Cimanggung, Desa Sarimekar Kecamatan Jatinunggal, dan Desa Cinanjung Kecamatan Tanjungsari. 

"Desa Cimanggung akan dimekarkan menjadi dua desa dengan Desa Galuh Pakuan (desa baru), Desa Sarimekar akan dimekarkan dengan Desa Pasir Padang (desa baru), dan Desa Cinanjung akan dimekarkan dengan Desa Pananjung (desa baru)," kata Dadang.

Dadang menyebutkan, usulan pemekaran untuk ketiga desa ini tentunya telah melalui proses verifikasi lapangan oleh Tim dari Provinsi Jawa Barat. Verifikasi faktual yang dilakukan Tim dari Provinsi Jawa Barat ini, dalam rangka memastikan bahwa ketiga desa bersangkutan memang layak untuk dimekarkan.

Baca Juga: Harga Bapokting di Pasar Rakyat Sumedang Pekan Ini Relatif Normal

"Beberapa waktu lalu, Tim dari Pemprov Jabar telah selesai melakukan verifikasi lapangan, di tiga desa yang akan dimekarkan. Jadi sekarang, kita hanya tinggal menunggu kode register desa persiapan keluar dari Pemprov Jabar," ujar Dadang.

Menurut informasi dari Pemprov Jabar, sambung Dadang, kode register desa persiapan untuk ketiga desa yang akan dimekarkan itu sekarang sudah berada di meja Gubernur Jabar.

Halaman:

Editor: Taufik Rochman (Kabar Priangan)


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah