Seluruh OPD Penghasil Retribusi di Sumedang Didorong Optimalkan ORS

- 15 Mei 2024, 13:10 WIB
Kegiatan Bimtek ORS yang diselenggarakan Bapenda Kabupaten Sumedang.
Kegiatan Bimtek ORS yang diselenggarakan Bapenda Kabupaten Sumedang. /kabar-sumedang.com/Taufik Rohman/

 

KABAR SUMEDANG - Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang, melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), terus berupaya mendorong seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) penghasil Retribusi Daerah, supaya bisa mengoptimalkan Online Retribusi System (ORS).

Dengan harapan, implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) di Kabupaten Sumedang bisa lebih meningkat, sehingga berdampak pula terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten sumedang. 

Seperti disampaikan Penjabat Bupati Sumedang Yudia Ramli, saat membuka Rapat Koordinasi Pengelolaan Retribusi Daerah, dan Bimbingan Teknis ORS yang diselenggarakan Bapenda Sumedang, di Sapphire City Park Sumedang, Rabu, 15 Mei 2024.

Baca Juga: Disdukcapil Sumedang Goes To School, Upaya Percepatan Perekaman KTP Elektronik dan Aktivasi IKD

Menurut Yudia Ramli, saat ini Pemkab Sumedang sedang fokus untuk melakukan optimalisasi pengelolaan retribusi daerah dan pajak daerah. 

Di dalam urusan retribusi dan pajak ini, kata Yudia, Pemkab tentunya perlu mengoptimalkan cara menginput dan cara mengolahnya, supaya retribusi daerah dan pajak daerah di Sumedang bisa lebih meningkat. 

"Melalui kegiatan ini, kami ingin memastikan agar 11 OPD penghasil retribusi daerah di Kabupaten Sumedang bisa memiliki pemahaman yang sama dalam hal pengelolaan retribusi daerah," kata Pj Bupati Sumedang. 

Baca Juga: Harga Bapokting di Pasar Rakyat Sumedang Relatif Stabil, Jenis Cabai cabaian Kompak Turun

Supaya, kata Yudia, realisasi penerimaan PAD dari retribusi daerah dan pajak daerah yang telah ditargetkan Pemkab Sumedang pada tahun 2024 ini bisa tercapai. Dengan begitu, maka target pembangunan yang telah direncanakan dalam APBD Kabupaten Sumedang juga pasti dapat direalisasikan secara optimal. 

Halaman:

Editor: Taufik Rochman (Kabar Priangan)


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah