Atasi Kekeringan di Ujungjaya Sumedang, Bendung Cariang Akhirnya Dipasangi Geobag

- 13 Mei 2024, 16:27 WIB
Camat Ujungjaya, sedang meninjau aktivitas pembangunan tanggul sementara di sekitar Bendung Cariang, Sungai Cipelang.
Camat Ujungjaya, sedang meninjau aktivitas pembangunan tanggul sementara di sekitar Bendung Cariang, Sungai Cipelang. /kabar-sumedang.com/Taufik Rohman/

KABAR SUMEDANG - Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang, bersama Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk-Cisanggarung, kembali membuat tanggul sementara di sekitar Bendung Cariang, wilayah Kecamatan Ujungjaya.

Pembuatan tanggul sementara ini, merupakan bagian dari upaya untuk memenuhi kebutuhan pengairan pada lahan pertanian di wilayah Kecamatan Ujungjaya, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. 

Sebagaimana diketahui, Bendung Cariang di aliran Sungai Cipelang ini, merupakan sumber utama pengairan untuk jaringan irigasi pertanian di wilayah Kecamatan Ujungjaya. 

Baca Juga: Petani di Sumedang Mulai Was Was Hadapi Musim Tanam Padi ke Dua Tahun 2024

Namun semenjak Bendung Cariang itu jebol, akhirnya kebutuhan pengairan untuk pertanian padi di Ujungjaya menjadi terganggu. 

Guna mengatasi masalah tersebut, Pemkab Sumedang bersama pihak BBWS Cimanuk-Cisanggarung, kini kembali melakukan penanganan sementara, dengan cara membuat tanggul dari Geobag di sekitar Bendung Cariang. 

Dengan harapan, jaringan irigasi di wilayah Kecamatan Ujungjaya bisa kembali berfungsi, sehingga kebutuhan pengairan untuk lahan pertanian dapat terpenuhi secara optimal. 

Baca Juga: BPBD Sumedang Ingatkan Warga Terkait Cuaca Ekstrem, Peralihan Musim dari Hujan ke Kemarau

Informasi soal pembuatan tanggul sementara di Bendung Cariang ini, dibenarkan Camat Ujungjaya, Risyana. "Iya betul, saat ini BBWS sudah mulai melakukan pemasangan Geobag di Bendung Cariang," kata Risyana, Senin, 13 Mei 2024.

Risyana menyebutkan, Geobag ini merupakan sebuah system konstruksi dalam bentuk kantong atau bag, yang terbuat dari geotekstil yang dipadukan dengan material pasir di dalamnya.

Halaman:

Editor: Taufik Rochman (Kabar Priangan)


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah